Thursday 15 March 2012

Kekurangan dari Linux

Kekurangan linux

1.Terlalu banyak pilihan Distro
ini adalah salah satu kekurangan linux yang pertama,terutama bagi pengguna baru.banyaknya distro yang mencapai ratusan membuat para pemula dilinux atau orang yang ingin bermigrasi kelinu harus pusing memilih distro yang cocok untuk keperluannya.banyaknya pilihan distro ini kalau mau dijabarkan lagi akan makin kelihatan,misalnya masing masing ditro membuat manajemen paket yang berbeda,paket yang berbeda,pengguna yang berbeda,tool administarasi yang berbeda dan seterusnya.
jawaban= dengan banyaknya distro sebenarnya kalo di lihat dari kacamata seorang IT bukan suatu kekurangan tetapi suatu
wujud kelebihan lho kok bisa ? anda kemarin melihat di layar kaca anak kecil membuat program anti virus ARTAV ?
apa yang ada dalam pikiran anda kalo anak kecil tersebut membuat sebuah sistem operasi sendiri, misalnya
kemudian dia memberi nama distro untuk sistem operasinya dengan namanya sendiri atau daerahnya misal linux PAPUANIX
lebih hebat mana menurut anda ? cuman bikin anti virus dengan bikin sebuah sistem operasi ? (sedang anti virus itu jalan
di atas sistem operasi yang tidak di ketahui source kodenya oleh pakar it sekalipun karena bersifat propierty/closed source).
 
saran-> untuk pengguna awal/newbie silakan pakai distro dengan komunitas terbesar seperti ubuntu atau blankon
untuk yang expert -> bikin distro sendiri sesuai kebutuhan atau pakai distro yang di desain sesuai kebutuhan misal
ubuntu studio untuk pakar multimedia, backtrack->untuk hacker, edubuntu-> untuk pendidikan dll

2 Minimnya dukungan teknis resmi
Linux dikembangkan oleh komunitas,maka linux datang dengna dukungan komunitas,bagi pengguna biasa,hal ini tentunya bukan masalah,namun bagaimana dengan pengguna kantoran,perusahaan atau kantor pemerintah?ini merupakan masalah besar,karena software di kalangan tersebut dipakai untuk produktifitas dan bahkan diantaranya menangani sistem kritis,seperti perbankan.
Seandainya ada dukungan teknis pun biasanya cukup mahal,misal dukungan dari redhat ataupun suse.
jawaban= jawablah dengan jujur pernahkah anda menelpon teknikal support dari Microsoft Windows ? saya yakin dibawah 5%
saja yang pernah, artinya apa dukungan teknis resmi tidak pernah di pakai itu juga karena Windows yang terinstal adalah bajakan bagaimana mau di support sama microsoft :)
 
saya pernah meminta dukungan teknis dari microsoft untuk windows server 2003 tapi apa!! tidak ada teknikal support yang berbahasa indonesia artinya apa, teknikal supportnya bukan orang indonesia (saya sendiri meragukan ada seorang teknikal support microsoft yang orang indonesia) artinya dukungan teknis resmi minim coy…. silakan coba
 
linux dengan dukungan komunitas yang melimpah ruah sesuai dengan semangat gotong-royong, bayangkan anda ingin membuat bangunan di tolong orang sekampung, dengan dukungan terbatas dari kontraktor.. seperti itulah linux..
 
dukungan teknis dari komunitas lebih berbobot karena berasal dari praktisi IT, bukan teknikal support bayaran yang teks books (yang bahkan tidak pernah berhadapan dengan real problem).. anda pilih mana ?

3.Banyaknya istilah teknis.
Linux merupakan salah satu keluarga sistem opeasi UNIX.oleh karenanya kebanyakan pengguna adalah administrator jaringan atapun orang yang suka ngoprek linux.Bagi kebanyakan pemakai komputer,linux penuh dengan istilah yang terkesan rumit dan terlalu teknikal.dengan ini,orang cenderung menganggap linux begitu susah untuk dipelajari.

jawaban=>linux berasal dari internet dan sekarang sedang turun gunung ke desktop, istilah-istilah teknis pun sudah semakin disederhanakan bagi pengguna newbie, dan untuk membuktikan silahkan anda uji coba suruh anak seumuran kelas 2-5 SD menggunakan komputer yang terinstall windows 7 dan ubuntu, kemudian tanyakan lebih mudah mana dalam pengoperasiannya.
jawabannya adalah ubuntu, karena anak kecil lebih jujur.
 
kalo ada yang mengatakan sulit dipelajari, itu karena berangkat dari anti pati dan mencari-cari kekurangan, sehingga dia hanya menghabiskan waktunya untuk sesuatu yang sia-sia.
contoh 2-> tanyakan kepada orang2 yang pernah menginstal ubuntu dan windows 7 lebih mudah mana ?

sedang pengetahuan teknis itu mutlak bagi seorang teknikal support saja, sehingga dapat di pastikan pengetahuan komputer seorang linuxer lebih mapan di banding teknikal support windows (karena sebagian besar teknikal support windows tidak mengerti proses/istilah teknis terhadap apa yang sedang dia lakukan ) mau bukti ? :P

4.kurangnya dukungan dukungan hardware.
Ini juga salah satu kendala utama dari linux.Walaupun dukungan hardware di linux makin hari makin baik,namun untuk device tertentu seperti wifi,dukungan linux masih terbatas,begitu juga dengan hardware keluaran terbaru.biasanya tidak bisa dijalankan dilinux.Seandainya bisapun,penggunaan hardware tersebut tidak optimal karena umumnya hardware dikenali sebagai periferal generik.
jawaban=> ini tidak tepat kalo di katakan sebagai kekurangan, karena pada kenyataannya microsoft banyak membuat “kerja sama” dengan vendor2 hardware agar supaya mereka tidak menyediakan driver atau membuka source codenya ke komunitas (untuk di buatkan drivernya oleh komunitas), akan tetapi kenyataannya meski para vendor tersebut pelit dan menutupi diri, linux dengan kekuatan hacker dari para komunitas IT, sukses membuat drivernya, saat ini koleksi driver bawaan di linux lebih banyak di banding windows 7 sekalipun, kalo di driver bawaan tidak ada, di internet bejibun banyaknya solusi dari komunitas, ingat fren indahnya saling berbagi….

5.Minimalnya aplikasi Killer.
Sedikti sekali sofware dilinux yang sejajar kemampunanya dengan aplikasi sejenis di windows,sebenarnya linux mempunyai begitu banyak aplikasi(silahkan cek freshmeat.net atau sf.net) namun umumnya software yang dirilis masih berupa alpha atau beta,RC,intinya bukan untuk keperluan produktif.sebagian dari software free dilinux lebih banyak diisi oleh software untuk server dan pengembanga software.
jawaban=> nggak salah nulis itu fren ? kalo software untuk level server udah nggak perlu ditanya, lebih stabil mana Apache, sama IIS-nya microsoft ? PHP sama ASP-nya microsoft ? Mysql/postgresql sama sql server-nya microsoft ?
oke ke level desktop aplikasi 3D blender solusi murah dan stabil dibanding 3D S Max,
Inkscape versi 0.48 (ingat masih versi nol dan stabil) tapi dengan kemampuan coreldraw versi 13 (X3)
Gimp 2.6 (masih versi 2 fren) tapi dengan kemampuan menyamai photoshop X5
Open Office/Libre Office 3.3 (ingat versi 3 cuman tampilan saja yang mirip mic. office 2003) dengan kemampuan menyamai Microsoft Office 2007
Mozilla/google chrome dll di banding Internet Explorer (yang memiliki banyak lubang sekuriti ?? )
oke..
dengan perkembangan komunitas yang Indahnya saling berbagi… software2 di linux semakin banyak dalam hitungan hari.

6.lainnya
silahkan tambahkan sendiri,saya yakin anda punya masukan tentang linux,tentunya dari kekurangannya .apa kekurangan linux menurut anda?
jawaban= kekurangan terbesar bukan berasal dari linux tapi berasal dari pengguna/pemakai yang tidak mau belajar dan melepaskan diri dari belenggu software tidak legal (alias bajakan)

7. tambahan
Paket aplikasi Linux harus di download secara manual, atau mengarahkan repository di alamat web tertentu seperti repo.ugm.ac.id atau kambing.ui.edu;
jawaban-> untuk penetrasi linux di masyarakat perlu dukungan server yang rela menampung software2 repository bandingkan
berapa banyak server repository/server yang berisi program aplikasi milik microsoft ? berapa banyak ? (catatan-> server yang berisi software legal bukan bajakan ?) tidak banyak my fren.. dibanding server2 repository punya’nya komunitas linux.
oke kalo tidak mau pusing download/ mengarahkan ke server repository tertentu, belilah cd/dvd repository yang berisi software yang bejibun banyak sampai mau muntah :O saking banyaknya.. cuman seharga 100-150 ribu perak, yang kalo software sejenis di microsoft bisa seharga milyaran (pantesan bill gates kaya terus, wong harus bayar lisensi per komputer)

8. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya. so jika tdk ada koneksi internet anda akan di buat bingung oleh Linux.
jawaban => saya tidak mengerti mengapa ini di masukan sebagai kekurangan padahal dia sudah memberi solusi yaitu mempunyai DVD repository :? ??
jika anda tidak memiliki koneksi internet, bagaimana anda melakukan activasi dan registrasi software bajakan anda ?
anda berani menelpon teknikal support windows ?
lalu menyampaikan
 
“Selamat siang mbak/mas, saya mau activasi/register windows bajakan saya !!”
dan anda menjadi orang pertama yang Maling ngaku sama polisi”
Intinya Sudah siapkah anda menggunakan linux ?
-> siap tidak siap harus siap…
kalo anda seorang muslim yang taat pasti takut makan barang haram lha ini fatwa MUI telah mengharamkan menggunakan barang bajakan. kalo ada ustad yang membolehkan menggunakan barang bajakan, perlu di tanyakan tuh ustad lulusan mana dia..
belajar dimana pake barang curian itu halal ?
kalo masih sulit yah belajar lah… masak seumur hidup mau pakai bajakan terus.. kapan tobatnya ?
pemerintah sudah memberi ultimatum kepada seluruh instansi pemerintah untuk menggunakan FOSS (Free open source software) paling lambat 31 desember 2011, kalo di Manokwari pemda nya belum siap itu ditidak berarti tidak berlaku untuk manokwari, tapi pasti ada sangsinya..
jadi suka atau tidak suka.. Linux adalah solusi masalah anda..
mari kita saling berbagi..kue ini :)
sayangnya pemerintah tidak memberikan pilihan dalam berkarya… dengan adanya gerakan IGOS (indonesia Go Open Source)
 
bagi anda yang ingin berkarya di instansi pemerintah kelak, Linux adalah pilihan anda..
Kita belajar Linux tidak untuk mempersulit diri sendiri, karena kita belajar untuk jujur dan tidak mengambil hak orang lain tanpa hak.

0 comments:

Post a Comment