Sunday 29 April 2012

BBM Bersubsidi tidak untuk mobil


Wamen ESDM Widjajono Partowidagdo akan segera melakukan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi, dia mengatakan bahwa mulai 1 April 2012 nanti setiap pengguna mobil pribadi dilarang menggunakan premium.
Setiap mobil pribadi wajib menggunakan pertamax titik, katanya tidak ada lagi opsi tahun pembuatan kendaraan, kapasitas mesin dan hal lain yang pernah menjadi pembahasan sebelumnya.
Kebijakan ini akan berlaku secara bertahap mulai dari daerah Jabodetabek, kemudian berlanjut ke seluruh Jawa-Bali, terakhir secara nasional.
Alasan utama pembatasan penggunaan bbm bersubsidi adalah untuk mengurangi beban APBN. Anggaran awal sebesar Rp 90 triliun sudah meningkat di angka Rp 120 trilian kemudian membengkak lagi menjadi Rp 170 triliun.
Pemerintah akan menyediakan bahan bakar alternatif yang lebih murah yaitu BBG (bahan bakar gas) yang akan diperuntukan bagi angkutan umum.
BBM bersubsidi juga nantinya akan mengalami kenaikan harga secara bertahap agar target subsidi BBM dapat ditekan serendah mungkin dan peruntukan jelas untuk golongan masyarakat kurang mampu. Pemerintah menilai para pemilik mobil sudah masuk dalam golongan masyarakat mampu. Sementara bagi pengguna kendaraan bermotor masih diperkenankan menggunakan premium.
Sepertinya sudah kebijakan yang tidak dapat ditolak lagi.. yang penting alternatif BBG harus dipenuhi, sebab BBG juga sudah menjadi wacana yang lama dan sampai sekarang belum ada SPBU yang menyediakan BBG.. gimana langkah pemerintah dihadapkan dengan masalah ini..?

0 comments:

Post a Comment